News Ticker

Keajaiban Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi

By Projector Room UK - Sunday, November 29, 2015 No Comments


Jika anda yang suka berwisata ria menikmati alam yang indah dan menikmati pengalaman menantang maka kita merekomendasikan untuk berkunjung ke kawah ijen di Banyuwang, terletak di antara Bondowoso dan Banyuwangi jawa timur kawah ijen dari Gunung Ijen yang statusnya masih aktif hingga hari ini juga pernah meletus di tahun 1999. dengan ketinggian 2.443 Mbpl terletak bersebelahan dengan gunung merapi.



untuk mencapai kawah gunung ijen anda harus menaiki kereta api dari Banyuwangi dan turun di stasiun Karangasem, kemudihan  menaiki kendaraan umum menuju kecamatan licin tepatnya di desa banyusari. Melanjutkan perjalanan hingga ke pintu gerbang utama di cagar alam taman wisata kawah ijen disini kamu bakal melihat aktifitas penambangan belerang, Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur adalah dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, selain itu wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.



Kawah ijen sendiri mempunyai danau yang memiliki tinggat keasaman yang tinggi, dengan kedalaman 200 meter dan luas kawah yang mencapai 5.466 Hektar Danau di kawah ijen adalah salah satu danau terluas yang memiliki kadar asam yang tinggi. Jika anda ingin menyaksikan Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi harus bersabar hingga dini hari karena fenomen blue fire akan muncul setidaknya jam 2 dini hari hingga subuh, fenomena blue fire sendiri hanya ada dua di dunia yaitu di Islandia dan di ijen itu sendiri. Selain itu anda juga bisa menikmati langit penuh bintang.




Baru – baru ini pemeritah kota banyuwangi juga mengadakan event khusus untuk mempromosikan kawah ijen  Event-event itu diantaranya : Tour de Ijen (sekarang berubah nama 'International Tour de Banyuwangi Ijen'), Jazz Ijen Banyuwangi, dsb. semoga dengan adanya event yang di selenggarakan makin menggaungkan nama gunung Ijen di dunia kepariiwisataan.


No Comment to " Keajaiban Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi "