News Ticker

5 Kuliner Enak Surabaya yang Harus Kamu Coba

By Projector Room UK - Tuesday, December 1, 2015 No Comments
Sebagai sebuah ibu kota surabaya memang memiliki daya tarik yang menawan bagi penggiat wisata, kekayaan alam, tempat pariwisata hingga kuliner yang pasti dapat memanjakan lidah kamu semua. jika kamu ke Surabaya maka sepatkanlah untuk mencicipi makanan dalam list berikut kuliner enak Surabaya, yang pasti kamu bakal rindu dengan Surabaya :

1. Rujak Cingur



seperti namanya Cingur yang dimaksud adalah moncong sapi yang direbus lalu diiris-iris dan dicampurkan dengan buah-buahan seperti timun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, dan ditambah dengan lontong, tahu, tempe, bendoyo, taoge, kangkung, dan kacang panjang.  delengkapi lagi dengan bumbu petis udang, kacang tanah, gula merah, bawang goreng, dan pisang klutuk. Rujak cingur biasanya disajikan dengan krupuk di atas pincuk daun.

2. Lontong Balap



Lontong Balap yang sangat terkenal di Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut yang sudah berjualan sejak tahun 1956. Lontong balap ini biasanya disajikan dengan kecambah yang banyak sekali dan beberapa tusuk sate kerang. alasan di namakan lontong balap karena dahulu para pedagang lontong balap ini berjualan di satu tempat yang sama dan saling menggunakan peralatan yang sama dengan selalu ingin cepat selesai al hasil terlihat sedang berlomba atau balapan. Kuliner khas Surabaya yang ini bahkan menjadi ikon kota Surabaya. Lontong balap ini merupakan lontong, taoge, tahu goreng, lentho (kacang merah atau kacang hijau yang diuleg dengan bumbu), bawang goreng, kecap, lalu disajikan dengan kuah dan sambal.

3. Krengsengan



Krengsengan ini memiliki citarasa manis yang khas dengan tekstur daging yang empuk. Krengsengan ini biasanya juga dicampur dengan jeroan kambing. Krengsengan ini banyak dijual di kaki lima di kota Surabaya. Krengsengan merupakan makanan tradisional khas Surabaya yang terbuat dari daging kambing. Daging kambing dipotong kecil-kecil lalu diberi aneka bumbu yang terdiri dari tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan pala.

4. Tahu Tek



Sama seperti halnya rujak cingur tahu tek mendapakan namanya bukan tanpa alasan bunyi “tek… tek…” sehingga dinamakanlah tahu tek. Potongan tahu dan lontong ini lalu dicampur dengan petis, air matang, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Selain tahu tek, ada juga tahu telur di mana tahunya digoreng dulu bersama telur. Salah satu makanan yang wajib coba saat kamu berada di Surabaya adalah tahu tek. Tahu tek merupakan kuliner khas Surabaya berupa tahu goreng setengah matang yang dicampur dengan lontong, kentang goreng, dan ketimun.

5. Sate Klopo



Sate Klopo yang paling terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen. Ondomohen adalah nama jalan (kini menjadi Jl Walikota Mustajab). Sate Klopo Ondomohen berlokasi di Jl Walikota Mustajab No 36, Surabaya. Sate Klopo ini merupakan sate sapi atau ayam yang dibalut dengan parutan kelapa lalu dibakar di atas api. Parutan kelapa ini membuat Sate Klopo memiliki citarasa gurih yang tidak akan kita temukan di sate umumnya. Sate klopo ini lalu disajikan dengan bumbu kacang dan irisan bawang merah. Sate klopo biasanya disajikan dengan lontong atau nasi yang ditambah dengan parutan serundeng. Sate Klopo yang paling terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen.


No Comment to " 5 Kuliner Enak Surabaya yang Harus Kamu Coba "